Inilah Penjelasan Tentang Protista Mirip Hewan

Inilah Penjelasan Tentang Protista Mirip Hewan


Protista Mirip Hewan adalah kelompok dari protista yang memiliki ciri - ciri seperti hewan (Kingdom Animalia), yang berarti dapat bergerak dan berkembangbiak. Protista Mirip Hewan akrab disebut Protozoa. Dimana arti Protozoa berasal dari bahasa Yunani. "Proto" berarti Pertama dan "Zoo" yang berarti Hewan. Protozoa memiliki beberapa bentuk seperti bulat, oval, batang dan ada yang berubah - ubah sesuai dengan kondisi lingkungannya. Protozoa juga disebut makhluk "Kosmopolitan" yang berarti dapat hidup dimanapun. Protozoa bereproduksi dengan 2 cara yaitu seksual maupun aseksual. Dimana secara seksual dengan konjugasi yang berarti menempel dua individu yang saling menukarkan intinya. Sedangkan dengan cara aseksual yaitu membelah diri. Adapun lebih dari 40.000 spesies dari Protozoa.
Ciri - Ciri dan Klasifikasi Protista Mirip Hewan
Klasifikasi Protista Mirip Hewan dibagi menjadi 6 berdasarkan alat geraknya :

1. Zoomastigophora (ZooFlagellata)
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang alat geraknya berupa flagella (Bulu Cambuk). Umumnya memiliki 2 flagella ditubuhnya dan habitat dari Zoomastigophora ini di air, tanah, bersimbiosis dengan makhluk hidup lainnya, dan bisa menjadi parasit. ZooFlagellata ada yang hidup autotrof karena memiliki kloroplat tak jarang juga ada yang mencari makanan secara heterotrof.

2. Ciliophora (Ciliata)
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang alat geraknya berupa silia (bulu getar). Umumnya hidup menyendiri (soliter) dihabitat air tawar. Selain silia ebagai alat geraknya, silia juga sebagai menggerakan makanan agar dapat masuk kedalam mulutnya. Cilliata memiliki 2 inti sel yaitu Makronukleus (Ukurannya lebih besar) dan Mikronukleus (Ukurannya lebih kecil). Bereproduksi dengan cara membelah diri dan juga secara seksual menempelkan tubuh dan bertukar inti.

3. Rhizopoda (Sarcodina)
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang alat geraknya berupa kaki semu(Pseudopodia). Pseudopodia ini berasal dari penjuluran sitoplasma sel tubuhnya. Rizopoda sering disebut Amoeba. Habitatnya di kolam atau air. Selain untuk bergerak kaki semu pada Rhizopoda berfungsi untuk menangkap makanan. Rhizopoda berkembangbiak dengan cara membelah diri secara langsung (Pembelahan Biner).

4. Apicomplexa (Sporozoa)
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang tidak memilik alat gerak. Sporozoa bergerak dengan cara melakukan kontraksi keseluruh sel. Sporozoa hidup secara parasit dan makanan diserap langsung dari inangnya.

5. Actinopoda (Heliozoa dan Radiozoa)
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang alat geraknya berupa kaki semu (Pseudopodia) runcing yang memancar dari tubuhnya. Kaki semu tipe ini disebut Axopodia yang berfungsi untuk membuat mengapung dan memangsa organisme lain yang lebih kecil. Helizoa umumnya hidup di air tawar, sedangkan radiozoa hidup di air laut.

6. Foraminifera
Merupakan kelompok protista mirip hewan yang alat geraknya berupa kaki semu (Pseudopodia). Foraminifera sering ditemukan di laut, pasir, menempel batu atau alga. Foreminifera memiliki cangkang atau kerangka yang disusun oleh Kalsium Bikarbonat (CaCO3).