Penjelasan Amandel dan Cara Agar Tidak Meradang

Penjelasan Amandel dan Cara Agar Tidak Meradang



Penjelasan Amandel dan Cara Agar Tidak Meradang

    Mungkin banyak orang belum mengetahui apa itu amandel. Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar yang berbentuk bulat kecil yang ada pada bagian dinding kanan dan kiri dibelakang rongga mulut. Banyak orang mungkin tidak mengetahui bahwa dua kelenjar kecil ini memiliki banyak fungsi, yakni untuk menjaga agar makanan tidak masuk ke saluran pernafasan, membunuh virus dan bakteri yang akan masuk melalui makanan maupun udara saat bernafas, dan juga amadel ini berfungsi untuk memproduksi sel darah putih dan anti body untuk tubuh. Ukuran dari amandel ini berbeda-beda, biasanya semakin dewasa maka amandel semakin mengecil dan tidak jarang ukuran amandel justru membesar dan bahkan sampai mengganggu aktivitas manusia. Amandel yang membesar menandakan terjadi gangguan yang menyerang tubuh. Berikut adalah berbagai gangguan yang sering menyerang amandel.

    Gangguan yang paling sering terjadi pada amandel adalah radang amandel. Radang amandel terjadi akibat infeksi dari bakteri biasanya ditandai dengan rasa sakit pada bagian amandel dan bertambah besarnya ukuran amandel. Radang amandel ini bisa menyerang anak-anak sampai orang dewasa. Untuk mengurangi rasa sakit jika terserang radang amandel maka bisa dilakukan dengan cara banyak meminum air putih, tidak mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras karena hal itu bisa menyebabkan gesekan antara makanan dan kelenjar amandel, serta berkumur dengan menggunakan air garam.

    Gangguan pada amandel selanjutnya adalah batu amandel. Batu amandel adalah penyakit yang diakibatkan oleh mengerasnya air liur, sel mati dan lendir dimana nantinya akan membentuk substansi keras berwarna putih kekuningan yang menempel pada kelenjar amandel. Penyakit batu amadel ini memunculkan berbagai gejala yang mirip seperti radang amandel seperti rasa sakit pada kelenjar amandel, ukuran amandel yang membesar dan yang menjadi tanda kalian terserang batu amandel adalah adanya substansi keras berwarna putih kekuningan yang menempel pada kelenjar amandel. Untuk menghilangkan batu amandel maka harus dilakukan pengangkatan pada batu amandel.

    Kedua contoh diatas merupakan gangguan yang biasanya menyerang kelenjar amandel kita. Hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari amandel kita terserang beberapa penyakit diatas adalah dengan menjalankan pola hidup sehat dengan memakan makanan yang sehat, selalu menjaga kebersihan diri terutama tangan karena tangan adalah organ luar tubuh yang paling sering memegang daerah mulu dan hidung, banyak minum air, dan jika sudah terlanjur terkena gangguan tersebut maka disarankan agar mengkonsultasikan pada dokter.