Penjelasan tentang Demam Berdarah Serta Gejala dan Cara Mencegahnya

Penjelasan tentang Demam Berdarah Serta Gejala dan Cara Mencegahnya



Definisi Demam Berdarah
              Musim pancaroba memang membuat manusia rentan terkena berbagai penyakit, dikarenakan cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan tubuh manusia rentan terkena penyakit. Demam berdarah adakah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, virus dengue sendiri dapat memasuki tubuh manusia melewati gigitannya nyamuk begitu pula terkait dengan cara penularan penyakit demam berdarah. Mudahnya cara penularan demam berdarah menyebabkan sering terjadinya pelonjakan kasus orang yang terkena penyakit demam berdarah di Indonesia, terbukti dengan data dari kementrian Kesehatan menyatakan bahwa pada tahun 2019 penderita demam berdarah di Indonesia mencapai 110.921 kasus, dimana angka tersebut meningkat secara derastis dibandingkan dengan pada tahun 2018 yakni sebanyak 65.602 kasus. Hal ini membuktikan tingkat kesadaran rakyat Indonesia untuk mencegah demam berdarah masih rendah, demam berdarah sendiri memiliki berbagai tipe dimana pada masing-masing tipe tersebut memunculkan ciri-ciri dan keluhan yang berbeda. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai berbagai tipe dari penyakit demam berdarah.
              Penyakit demam berdarah yang biasa menyerang ialah penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh virus DEN-1. Virus ini tergolong virus yang sangat mudah menyebar dikarenakan virus DEN-1 ini memiliki sifat yang kuat untuk bertahan hidup baik itu didalam tubuh nyamuk maupun tubuh manusia. Meski virus DEN-1 ini sangat mudah menyebar namun gejala yang ditimbulkan biasanya tidak sampai menimbulkan masalah yang serius.

Tipe Demam Berdarah
              Tipe virus dengue yang digolongkan virus yang berbahaya adalah virus DEN-2 dan DEN-3. Teknik penyebaran virus ini hampir sama dengan teknik penyebaran virus DEN-1, namun virus ini digolongkan kedalam virus yang ganas dan cenderung dapat menyebabkankonplikasi serius bahkan menimbulkan korban jiwa. Karena virus DEN-2 dan DEN-3 cenderung dapat menimbulkan  korban jiwa maka tipe penyebaran virus dari individu satu ke individu lainnya berbeda dikarenakan jika menimbulkan korban jiwa maka virus DEN-2 atau DEN-3 yang menyerang akan mati didalam mayat penderitanya. Tipe terakhir dari virus dengue adalah virus DEN-4. Virus ini cenderung sangat jarang menyerang manusia dan kalaupun virus ini menyerang tubuh manusia maka dampak yang ditimbulkan tidak separah virus DEN-2 dan DEN-3. Karena virus ini paling sedikit penyebarannya maka virus ini tergolong virus yang jarang diteliti lebih lanjut.

Gejala Demam Berdarah
              Setelah kita mengetahui berbagai tipe virus dengue maka kita perlu memastikan ciri-ciri tubuh terserang penyakit demam berdarah. Biasanya pengidap demam berdarah tidak merasakan gejala yang serius sampai pada hari ke-4, namun setelah hari ke-4 biasanya muncul gejala yang mirip seperti demam biasa seperti suhu tubuh yang tinggi yang terkadang bisa mencapai 40 derajat celcius, selanjutnya akan diikuti dengan kondisi nyeri pada daerah tulang dan belakang bola mata serta sakit kepala. Jika tidak diikuti dengan penanganan yang benar maka demam berdarah bisa memasuki fase Dengue Shock Syndrome (DSS). Ciri-ciri manusia mengalami dengue shock syndrome adalah munculnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit yang diikuti dengan melemahnya tekanan pada urat nadi.

Cara Mencegah Demam Berdarah
              Ciri-ciri diatas memang terdengar sangat mengerikan. Oleh karena itu, demam berdarah harus kita cegah bersama-sama dengan cara menjaga kebersihan alam sekitar, memastikan agar tidak ada genangan air karena hal tersebut merupakan sarang dari nyamuk, rutin mengadakan foging untuk membunuh nyamuk di lingkungan sekitar. Perlindungan diri yang bisa dilakukan adalah dengan memasang obat nyamuk, memasang jaring kelambu pada tempat tidur dan memakai lotion anti nyamuk.