Perbedaan Virus dan Bakteri

Perbedaan Virus dan Bakteri



Mengenal Sisi Lain Perbedaan Antara Bakteri dan Virus

Terkait dengan fenomena akhir-akhir ini tentang merebaknya virus covid-19 yang mengakibatkan terganggunya berbagai macam aktivitas manusia, maka kali ini celah edukasi ingin menelusuri apasih sebenarnya perbedaan bakteri dan virus itu?. Sebelum mengenal perbedaanya, terlebih dulu kita telaah penjelasan sinkgkatnya. Bakteri dan virus merupakan organisme yang tergolong kedalam organisme MIKROSKOPIS yang berarti kita hanya bias melihat bakteri dengan bantuan mikroskop. Nah karena ukurannya yang kecil inilah yang menyebabkan kita harus berhati-hati.

Perbedaan pertama antara bakteri dan virus adalah dari dampak yang ditimbulkan. Selama ini banyak yang berifikir bahwa bakteri adalah organisme yang merugikan manusia, tetapi kenyataannya bakteri dapat digolongkan menjadi 2 yakni bakteri baik dan bakteri jahat, seperti bakteri baik berikut ini yang justru bermanfaat bagi tubuh manusia seperti Cyanocobalamin yang bermanfaat untuk membantu memproduksi vitamin B12 dalam proses pencernaan, tetapi ada beberapa bakteri jahat yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh manusia misalnya bakteri Escherichia coli yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, Corynebacterium diphtheria yang dapat menimbulkan penyakit difteri. Hal yang perlu mendapat perhatian ialah berbeda dengan bakteri dimana digolongkan menjadi 2 yakni bakteri baik dan jahat, maka semua jenis virus justru merugikan bagi tubuh manusia.

Perbedaan antara bakteri dan virus yang kedua adalah dari struktur tubuhnya. Struktur tubuh bakteri bagian luar terdiri dari dinding sel yang tersusun dari peptidoglikan yang berfungsi sebagai dinding pelindung bakteri dan pemberi bentuk tetap untuk bakteri, yang kedua yakni fili dimana berfungsi sebagai media untuk membantu bakteri melekat pada inangnya, struktur bakteri yang ketiga adalah flagela yang berbentuk seperti ekor flagella ini berfungsi sebagai alat gerak bakteri. Sementara itu struktur dari virus terdiri dari kepala virus yang biasa berisi DNA atau RNA tergantung jenis virusnya, yang kedua adalah tubuh dimana pada tubuh dari virus ini biasanya terdiri atas DNA atau RNA dimana ini mempengaruhi bentuk dari virus itu sendiri dan yang terakhir adalah ekor virus, yang berfungsi sebagai alat untuk melekat pada inangnya.

Perbedaan yang ketiga antara bakteri dan virus adalah objek yang di infeksi. Hal ini adalah hal yang sedikit menakutkan jika dibicarakan. Dimana bakteri biasanya hanya menyerang pada organ yang spesifik dan tidak mudah menyebar sementara virus jika menjangkiti tubuh manusia walau awalnya hanya menyerang 1 sel pada organ tetapi dapat meluas dengan menjangkiti sel-sel pada organ lain, hal ini lah yang bias menyebabkan virus mengganggu fungsi organ manusia yang lainnya.

Perbedaan antara bakteri dan virus yang keempat adalah cara penggulangannya. Untuk menggulangi jika bakteri menjangkiti tubuh manusia maka biasanya dapat diberikan antibiotik dan vaksin. Dimana antibiotic terbukti dapat mengganggu salah satu fungsi vital dari bakteri tersebut sementara virus dipercaya tidak dapat sepenuhnya hilang jika terlanjur menjangkiti tubuh manusia, tetapi dengan memberikan antivirus maka dapat menekan penyebaran dari virus.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara bakteri dan virus. Dimana sebenarnya manusia dapat menghindari penyebaran bakteri dan virus itu dengan selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan tubuh, mencukupi kebutuhan gizi dan istirahat, menjaga stamina dengan berolahraga serta menjaga pikiran agar tidak stress.